Teknologi Dinamic Energy Saver (DES)

Kamis, 25 Desember 2008.

Salah satu upaya menciptakan teknologi untuk penghematan listrik terutama dalam pemakaian pada computer, maka telah muncul suatu tehnologi yang bernama teknologi Dinamic Energy Saver (DES). Teknologi ini dikeluarkan oleh Gigabyte. DES bekerja dengan memanfaatkan chip Intersiil di motherboard komputer untuk mengontrol penggunaan listrik agar disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan aktivitas yang tengah kita lakukan.

Dalam teknologi DES ini kita dapat menghemat lisrik hingga mencapai 70%. Yang jika dikalkulasikan, penghematan rata-rata per satu unit komputer di kisaran US$ 45 – 55 pertahun. Fungsi DES adalah menurunkan konsumsi power procesor dengan mematikan sebagian phase power yang tidak dibutuhkan. Penghematan power sedikit berdampak bagi kemampuan procesor itu sendiri, tetapi dapat memaksimalkan kebutuhan power dengan pengaturan phase power yang perlu aktif saja. Misalnya dalam kondisi computer idle, phase power yang aktif hanya 4 buah dari 12 buah phase untuk tipe board DQ6. Ketika kebutuhan power meningkat maka phase lainnya akan terbuka sampai 8 buah, sementara 4 phase lainnya tetap diposisi stand-nya.

Telah dilakukan test terhadap 2 procesor berbeda. Untuk pemakaian power E8500 tanpa DES membutuhkan konsumsi power 162W dari total kebutuhan power listrik untuk sistem computer. Sedangkan dengan fitur DES hanya membutuhkan 146W. Artinya computer sudah dapat berhemat sampai 16W. E6600 juga mengalami penghematan, dari sistem computer tanpa mengaktifkan DES membutuhkan power 156.2W , sedangkan dengan DES menurun menjadi 147.4W. Adapun kelemahan yang muncul dari tehnologi DES itu sendiri yaitu dalam setting DES tidak berlaku bagi pemakaian overclock. Bila software DES menditeksi kecepatan abnormal dari procesor (seperti overclock), maka software akan menolak bekerja dan meminta dikembalikan pada kecepatan normal.

Komentar:

Posting Komentar

 
AyoBaca ! © Copyright 2010 | Design By DwiKaendji |